Sunday 9 December 2018

Kesegaran Unik Puding Nutrijel dengan Mangga Asli



Pernah menyantap agar-agar atau puding Nutrijell? Kalian suka kombinasi rasa apa? Apapun pilihan warna dan rasanya, Nutrijell sanggup menghadirkan hidangan berbeda. Teksturnya yang kenyal namun lembut membuat semua orang menyukai makanan olahan apapun yang di-mix dengan Nutrijell.

Menikmati puding dengan rasanya yang manis sudah pasti sangat menyegarkan, terlebih jika didinginkan terlebih dulu dalam kulkas. Lebih enak lagi kalau dinikmati saat cuaca panas atau untuk buka puasa. Sensasi segarnya seperti terlihat mengalir di tenggorokan.

Pernah mencoba puding Nutrijell kombinasi buah mangga? Atau tertarik mengkreasikannya sendiri di dapur? Meskipun banyak sekali produk puding yang siap olah namun mengkreasikan dengan bahan tambahan lain sudah barang tentu menghasilkan rasa berbeda. Salah satunya puding Nutrijell buah mangga ini.

Produk Puding Siap Olah Aneka Rasa

Sebelum mencoba resep puding buah mangga kita kenalan dulu dengan produk Nutrijell sebagai bahan utama puding. Nutrijel merupakan bahan makanan olahan buatan PT. Forisa. Bahan makanan ini berbentuk serbuk halus dilengkapi serbuk gel yang menghasilkan sensasi kenyal.

Meskipun termasuk produk olahan pabrik namun Nutrijell terbuat dari bahan alami yaitu bubuk konyaku dan karagenan. Bahan alami tersebut sangat bagus untuk sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Bisa diolah dan dikonsumsi kapan saja dan oleh siapa saja.

Nutrijell dipasarkan dalam dua kemasan berbeda yaitu 10 gram dan 15 gram. Untuk mutu dan citarasanya sudah pasti sama. Setidaknya ada 9 varian rasa yang ditawarkan yaitu rasa mangga, orange, melon, lychee, grape, cokelat, strawberry, guava, dan tentu saja plain (rasa tawar).

Berbeda dari produk agar-agar lainnya, Nutrijell menghasilkan makanan dengan tekstur kenyal. Produk ini bisa dibeli dimana saja, di warung-warung, minimarket, toko, supermarket, maupun pasar tradisional.  

Kreasi Puding Nutrijell dengan Buah Mangga Asli

Nutrijell rasa mangga jika diolah tentu menghasilkan puding dengan aroma mangga yang kuat, karena pada dasarnya memang ditambahkan penguat rasa mangga pada komposisinya. Namun puding Nutrijell rasa mangga ini kesegarannya jauh lebih sempurna jika ditambahkan buah mangga asli.

Apakah resep puding mangga ini hanya memerlukan Nutrijell dan buah mangga saja? Tentu saja tidak karena untuk rasa yang sempurna kita butuh bahan-bahan pelengkap seperti gula pasir, susu cair, gula cair, tepung maizena, dan tentu saja air. Bahkan jika suka bisa juga ditambah strawberry.

Yang perlu diperhatikan untuk proses pembuatan puding Nutrijell rasa mangga ini yakni penambahan mangga aslinya. Mangga harus benar-benar matang dan rasanya tidak asam. Setelah dikupas sebaiknya dilumatkan dengan blender supaya prosesnya lebih cepat.

Tahapan-tahapan pembuatannya juga harus berurutan. Semua bahan tidak bisa langsung dicampur jadi satu. Tahap pertama Nutrijell rasa mangga dipanaskan bersama air dan gula pasir sampai mendidih, setelah itu baru dimasukkan mangga yang sudah dilumatkan.

Tahap berikutnya giliran strawberry yang dilumatkan kemudian dicampur tepung maizena dan gula cair. Pada tahap kedua ini memasaknya harus menggunakan api kecil supaya tingkat kematangannya sempurna. Adonan beberapa bahan ini nantinya dicampur dengan susu cair kemudian disiramkan diatas puding Nutrijell yang sudah membeku.

Apapun jenisnya, apakah puding Nutrijell atau merek lainnya, mereka sama-sama memiliki kelemahan yakni mudah lembek dan berair. Ini menunjukkan bahwa puding memang bukan makanan yang bisa diawetkan. Proses pendinginan dalam kulkas juga tidak banyak membantu sebab jika terlalu lama disimpan dalam kulkas tekstur dan rasanya cenderung berubah. Jadi puding memang sebaiknya segera dihidangkan setelah dingin dan membeku.

No comments:

Post a Comment